Minggu, 06 Februari 2011

Buku Fiqh Galak-Gampil; Menjawab Persoalan Kehidupan Manusia

Buku Fiqh Galak-Gampil; Menjawab Persoalan Kehidupan Manusia
oleh: airsyad Pengarang : Muallimin Muallimat Ponpes Ngalah

* Summary rating: 3 stars (1 Tinjauan)
* Kunjungan : 9
* kata:300
*


Agama itu mudah, tidak mempersulit pemeluknya. Islam memberikan berbagai opsi jawaban kepada pemeluknya terkait berbagai bidang permasalahan kehidupannya.

Al-Qur’an dan al-Hadits sebagai pondasi utama para salaf dalam meletakkan berbagai macam hukum fiqhiyyah. Semua hukum tersebut diletakkan dengan selalu berlandaskan pada prinsip maqoshid syar’iyyah yang meliputi lima hal, yaitu perlindungan hidup dan keselamatan jiwa raga, perlindungan hak meyakini dan menjalankan agama, perlindungan keselamatan, perkembangan dan pendayagunaan akal budi, perlindungan hak atas benda atau kekayaan yang diperoleh secara sah dan perlindungan hak keturunan.
Tidak jarang hasil interpretasi para ulama terhadap dua pondasi utama hukum fiqh banak terjadi silang pendapat. Persilihan tersebut tidak seharusnya dijadikan bahan perpecahan, namun hendaknya perselisihan tersebut diletakkan secara proporsional, agar bisa menjadi solusi terbaik untuk memecahkan berbagai problematika umat.
Buku ini mengangkat berbagai macam persoalan secara proporsional tentang tradisi keagamaan yang berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat muslim Indonesia.

Lebih lanjut tentang: Buku Fiqh Galak-Gampil; Menjawab Persoalan Kehidupan Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar